fbpx

Tradisi meminum minuman sehat atau yang sering disebut dari jaman dahulu kalau sebagai  jamu ini, lekat dengan budaya masyarakat Indonesia. Jamu dipercaya berkhasiat menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Beberapa jamu memang sangat pahit saat dikonsumsi, namun beberapa terasa segar dan bikin ketagihan. Tentunya banyak orang memilih meminum jamu yang rasanya enak bukan? Rasa yang enak tak berarti tanpa khasiat apa-apa, Ladies. Contohnya adalah beras kencur.

Bahan dari minuman beras kencur ini dapat ditemukan dengan mudah. Bahan-bahannya antara lain adalah beras, kencur, jahe, gula jawa, kuyit, jeruk nipis, asam jawa, daun pandan, dan garam. Dalam tiap-tiap bahan terdapat takaran tersendiri, guys. Cukup mudah bukan bahan-bahannya?

Cara membuatnya pun juga mudah, guys. Pertama, rendam beras dalam air bersih selama tiga jam. Lalu, rebus gula jawa, jahe, kunyit, daun pandan, dan asam dengan tiga gelas air. Setelah direbus, gula jawa, jahe, kunyit, daun pandan, dan asam disaring. Kemudian, giling kunyit dan kencur dengan beras sampai halus. Tuangkan air sisa merebus kedalam gilingan tesebut. Lalu, saring dengan kain. Tambahkan perasan jeruk nipis dan garam. Terakhir, tambahkan gula manis sesuai selera.

Beras kencur memiliki banyak khasiat karena bahannya mengandung berbagai zat penting seperti protein, karbohidrat, minyak atsiri, dan mineral. Beberapa khasiat utama beras kencur adalah dapat menyembuhkan batuk, memperlancar pengeluaran urine, dan menyembuhkan masuk angin.

So, you guys want to try?